Free songs
Home / BERITA / IKUTI KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK TINGKAT KABUPATEN, LURAH SEKARPUTIH : KAMI AKAN BERIKAN YANG TERBAIK

IKUTI KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK TINGKAT KABUPATEN, LURAH SEKARPUTIH : KAMI AKAN BERIKAN YANG TERBAIK

sekarputih.bondowosokab.go.id – Pemerintah Kelurahan Sekarputih ikuti KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) tingkat kabupaten di Ruang Sabha Bina Praja I Setda Bondowoso. Kegiatan kompetisi tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. (Rabu, 14 April 2021)

Kompetisi tersebut diikuti oleh 10 perangkat daerah/ unit kerja/ instansi yang ada di Kabupaten Bondowoso, salah satunya adalah Kelurahan Sekarputih. Kegiatan diawali dengan sambutan Kabag Organisasi Setda Bondowoso Slamet Yantoko, S.Sos, M.M. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Sekda Kabupaten Bondowoso Bapak Soekaryo, S.H, M.M. Beliau sekaligus membuka kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ekspektasi penerima layanan setiap waktu selalu berubah, jadi cara yang paling efektif pemberi layanan harus berinovasi untuk memuaskan penerima layanan.

“Jika semisal tahun ini penerima layanan puas dilayani 30 menit, belum tentu tahun depan juga puas. Jadi mulailah inovasi untuk mengimbangi tuntutan zaman” tegas Sekda Bondowoso.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan pemaparan inovasi dari Inovator yang langsung didengar oleh Tim Penilai melalui media daring. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada Inovator.

Nantinya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat kabupaten ini akan diambil TOP 3 besar. Kemudian akan berkesempatan besar didaftarkan mewakili Bondowoso di tingkat provinsi dan nasional

Pemerintah Kelurahan Sekarputih membawa Inovasi berjudul BAKSO PUSPA (Bakti Sosial Pungut Setor Pajak), pajak dalam hal ini adalah PBB-P2. Inovasi ini tergolong unik dan jarang dilakukan karena pelaku Inovasi BAKSO PUSPA adalah ibu-ibu/ kaum perempuan. Peranan dan keikutsertaan perempuan/ gender lebih dikedepankan dalam Inovasi BAKSO PUSPA, guna membantu pembangunan daerah. Jiwa sosial, peduli dan gotong royong dari kamu perempuan ini menjadi kunci sukses Inovasi BAKSO PUSPA. Inovasi BAKSO PUSPA tergolong kategori pelayanan publik responsif gender.

Dalam kesempatan lain, Lurah Sekarputih Supilih, S.H, M.Si menyampaikan bahwa sebuah inovasi tujuannya untuk memecahkan permasalahan yang ada atau memangkas jalur birokrasi. Itulah yang kami lakukan dengan Inovasi BAKSO PUSPA. Aparat Kelurahan tidak efektif untuk pungut setor PBB-P2 karena mereka tidak domisili di Sekarputih. Untuk itu kita perankan kaum perempuan untuk ikut serta dalam partisipasi Inovasi BAKSO PUSPA, demi membantu pembangunan daerah.

“Jika PBB-P2 lunas tentu akan membantu dan memperlancar pembangunan daerah”, tambah Supilih.

Ia juga menambahkan alasan mengapa lebih memilih kaum perempuan untuk menjadi pelaku Inovasi BAKSO PUSPA, berdasarkan pengalaman kaum perempuan lebih ulet dalam pungut setor PBB-P2. Semoga Inovasi BAKSO PUSPA menjadi kebanggaan di hati masyarakat Kelurahan Sekarputih.

(Pewarta Kelurahan Sekarputih)

 

 

 

 

About @dm1n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top